PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TOLERAN TERHADAP KEBERAGAMAN SISWA

  • Ulil Aidi IKIP Veteran Semarang

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah banyaknya siswa di MTs Tajul Ulum Brabo Tanggungharjo Grobogan yang masih memiliki rasa toleransi yang rendah, hal itu tampak ketika siswa bersosial, berkomunikasi dan kurangnya percaya diri dalam menyampaikan pendapat di kelas. Melalui informasi-informasi yang diberikan kepada siswa MTs Tajul Ulum Brabo Tanggungharjo Grobogan, siswa akan menyadari bahwa dengan memahami tentang rasa toleransi akan mengoptimalkan siswa dalam menghadapi permasalahan sosial dan belajarnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) sejauh mana pemahaman siswa di MTs Tajul Ulum Brabo Tanggungharjo Grobogan terhadap rasa toleransi yang dimilikinya? (2) apakah Pembelajaran dengan Model Picture and Picture berjalan efektif dalam meningkatkan pemahaman rasa toleransi siswa di MTs Tajul Ulum Brabo Tanggungharjo Grobogan?. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap rasa toleransi yang dimiliki, (2) untuk mengetahui keefektifan Pembelajaran dengan Model Picture and Picture. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C yang berjumlah 38 siswa, yang diambil sebagai subyek penelitian melalui pertimbangan dengan guru mapel. Penelitian tindakan kelas dilakukan selama 3 bulan, yaitu bulan Juni sampai Agustus 2014. Penelitian tindakan bimbingan konseling ini dilakukan dalam 2 siklus, siklus pertama adalah untuk mengetahui hasil proses pelaksanaan Pembelajaran dengan Model Picture and Picture sebelum dilakukan tindakan, sedangkan siklus kedua dimaksudkan untuk menyempurnakan hasil siklus pertama bila ada yang kurang sempurna. Berdasarkan hasil pengamatan awal siswa kelas VIII-C MTs Tajul Ulum Brabo Tanggungharjo Grobogan yang memiliki pemahaman rasa toleransi yang rendah. Setelah diadakan tindakan Pembelajaran dengan Model Picture and Picture pemahaman siswa terhadap rasa toleransi semakin meningkat. Hasil observasi pelaksanaan Pembelajaran dengan Model Picture and Picture pada siklus I secara keseluruhan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sebesar 47,37%, sedangkan hasil observasi pelaksanaan PTK pada siklus II secara keseluruhan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sebesar 78,95%. Peningkatan kegiatan layanan setiap siklus dari siklus I ke siklus II sebesar 78,95% -  47,37%, = 31,58%. Simpulan dari penelitian ini adalah: dari hasil observasi yang dilaksanakan pada siklus I menunjukkan 47,37% siswa memahami akan arti rasa toleransi pada Pembelajaran dengan Model Picture and Picture, di siklus II siswa mengalami peningkatan dalam pemahamannya tentang arti rasa toleransi Pembelajaran dengan Model Picture and Picture sebasar 78,95%, mereka lebih banyak bersosial  dan berani mngungkapkan pendapatnya pada saat diskusi maupun saat pembelajaran. Pembelajaran dengan Model Picture and Picture merupakan salah satu model pembelajaran yang tepat untuk membantu meningkatkan pemahaman siswa tentang rasa toleransi. Saran diharapkan bagi guru mapel sekolah, diharapkan mampu menyelenggarakan Pembelajaran dengan Model Picture and Picture secara lebih efektif.

 

Kata Kunci : pembelajaran picture and picture, sikap toleran, keberagaman siswa

Author Biography

Ulil Aidi, IKIP Veteran Semarang
  
Published
2014-11-06
How to Cite
AIDI, Ulil. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TOLERAN TERHADAP KEBERAGAMAN SISWA. DEMOCRATIA, [S.l.], v. 2, n. 1, nov. 2014. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/democratia/article/view/346>. Date accessed: 14 dec. 2017.
Section
Articles