PENGARUH KOMUNIKASI GURU DALAM MENGELOLA KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKN

  • Mulyono Mulyono IKIP Veteran Semarang

Abstract

Latar belakang masalah pada skripsi ini adalah guru merupakan komponen pengajaran yang memegang peranan penting dan utama, karena keberhasilan proses belajar mengajar sangat ditentukan oleh faktor guru. Menurut Asnawi, dan Basyiruddin Usman, dalam buku Media Pembelajaran, dinyatakan bahwa keberhasilan guru dalam menyampaikan materi sangat tergantung pada kelancaran interaksi komunikasi antara guru dengan siswanya. Ketidaklancaran komunikasi membawa akibat terhadap pesan yang disampaikan guru. Demikian juga dengan pengelolaan kelas, guru dituntut bisa mengelola kelas dengan baik agar proses belajar mengajar dapat dilaksanakan sesuai harapan. Komunikasi guru dalam mengelola kelas yang baik diharapkan bisa menjadikan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga informasi yang diberikan guru dapat diserap oleh anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; (1) Bagaimana komunikasi guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran PKn Siswa kelas VIII MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak Tahun Pelajaran 2013/2014?, (2) Bagaimana prestasi belajar PKn Siswa kelas VIII MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak Tahun Pelajaran 2013/2014? (3) Apakah terdapat pengaruh antara komunikasi guru dalam mengelola kelas terhadap prestasi belajar PKn Siswa kelas VIII MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak Tahun Pelajaran 2013/2014?. Penelitian ini menggunakan metode survai dengan teknik korelasional. Subyek penelitian sebanyak 40 responden, dengan menggunakan teknik populasi. Pengumpulan data menggunakan informasi angket untuk komunikasi guru dalam mengelola kelas  (X) pada pembelajaran PKn sedangkan untuk prestasi belajar diambil dari nilai semester gasal tahun pelajaran 2013/2014. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis Regresi Linear. Hasil Penelitian menunjukkan 1) Komunikasi guru dalam mengelola kelas VIII MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak Tahun Pelajaran 2013/2014 yang memiliki mean . terletak pada interval 58 – 65, termasuk dalam kategori “BAIKâ€, 2) Prestasi belajar PKn Siswa kelas VIII MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak Tahun Pelajaran 2013/2014 yang memiliki mean  terletak pada interval 74 – 82, termasuk dalam kategori “BAIKâ€, 3) Ada pengaruh positif antara komunikasi guru dalam mengelola kelas terhadap prestasi belajar PKn Siswa kelas VIII MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal ini ditunjukkan thitung = 5,296 > ttabel (0,05=40) = 0,312 dan ttabel (0,01=40) = 0,403 sehingga signifikan karena thitung > ttabel, Begitu juga pada nilai regresi diperoleh hasil perhitungan sebesar Freg = 28,052 > Ft0,05 = 4,08 dan Freg = 28,052> Ft0,01 =  7.31, sehingga diperoleh Freg > Ftabel dan berarti signifikan. Sehingga hipotesis yang menyatakan ada PENGARUH positif antara komunikasi guru dalam mengelola kelas terhadap prestasi belajar PKn Siswa kelas VIII MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak Tahun Pelajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para guru PKn dalam memberi dorongan kepada siswanya, para tenaga pengajar mata pelajaran PKn dan semua Dosen PKn terutama dalam memberi dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan motivasi berprestasi secara lebih memadai.

 

Kata Kunci : komunikasi, prestasi belajar

Author Biography

Mulyono Mulyono, IKIP Veteran Semarang
  
Published
2014-11-06
How to Cite
MULYONO, Mulyono. PENGARUH KOMUNIKASI GURU DALAM MENGELOLA KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKN. DEMOCRATIA, [S.l.], v. 2, n. 1, nov. 2014. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/democratia/article/view/345>. Date accessed: 12 dec. 2017.
Section
Articles