PERSEPSI MASYARAKAT RANDUKUNING TERHADAP KINERJA APARATUR PEMERINTAH DESA

  • Dewi Novita Sari IKIP Veteran Semarang

Abstract

Latar belakang masalah adalah dalam era globalisasi sekarang ini salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh pemerintah khususnya pemerintah daerah adalah menampilkan aparatur yang professional, memiliki etos kerja yang tinggi, keunggulan kompetitif dan kemampuan memegang teguh etika birokrasi dalam menjalankan tugas dan fungsinya dalam memenuhi aspirasi masyarakat. Permasalahan yang dirumuskan adalah: (1) Bagaimana persepsi masyarakat Desa Randukuning terhadap kinerja aparatur pemerintah desa?, (2) Faktor - faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kualitas pelayanan publik?, (3) Bagaimana solusi aparatur pemerintah desa dalam memajukan Desa Randukuning agar lebih baik? Dengan demikian tujuan penelitian adalah untuk: (1) Menggambarkan persepsi masyarakat Desa Randukuning terhadap kinerja aparatur pemerintah desa, (2) Mendeskripsikan faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kualitas pelayanan publik, dan (3) Menawarkan solusi agar aparatur pemerintah desa dalam memajukan Desa Randukuning agar lebih baik. Mengingat penelitian yang dilakukan adalah dengan pendekatan dan desain kualitatif, maka subyek atau informannya hanya beberapa person, diantara: (1) Kepala Desa sebagai informan konci (Key informan) dan subyek (informan) lain, yaitu: (1) Tokoh Masyarakat dan (2) Perwakilan warga. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga, yakni: (1) Wawancara mendalam, (2) Observasi partisipasif, dan (3) Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data digunakan model partisipasi interaktif. Temuan penelitian adalah: (1) Persepsi masyarakat terhadap kinerja aparatur pemerintah desa, persepsi masyarakat Desa Randukuning terhadap kinerja aparatur pemerintah desa dalam memajukan desa supaya lebih baik, (2) Faktor yang dapat mempengaruhi kualitas pelayanan publik adalah bagaimana kinerja aparatur pemerintah desa dalam memberikan pelayanan yang lebih baik terhadap masyarakat, dan (3) Solusi masyarakat terhadap aparatur pemerintah desa dalam memajukan Desa Randukuning  agar lebih maju dan lebih baik dari desa-desa lainnya. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Persepsi masyarakat terhadap kinerja aparatur pemerintah desa, persepsi masyarakat Desa Randukuning terhadap kinerja aparatur pemerintah desa dalam memajukan desa supaya lebih baik, (2) Faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik supaya kinerja pemerintah desa agar lebih baik dalam melayani masyarakat, (3) Solusi masyarakat terhadap kinerja aparatur pemerintah desa supaya bisa memajukan Desa Randukuning agar lebih maju dan lebih baik. Sarannya adalah: (1) Bagi pemerintah desa; untuk selalu kooperatif dan aktif mengambil langkah dalam bekerjasama dengan masyarakat, hal ini perlu dilakukan agar program kerja pemerintah desa terlaksana dengan baik, (2) Bagi Kepala Desa; himbauan kepada warga yang dikemukakan selama ini sudah cukup baik, namun masih perlu adanya peningkatan, terutama pendekatan secara personal, sehingga warga akan merasa sungkan, dan akibatnya warga menjaga program kerja yang sudah dirancang pemerintah desa, dan (3) Bagi warga; untuk selalu mendukung program kerja yang dicanangkan oleh Pemerintah Desa Randukuning.  

 

Kata Kunci : persepsi, kenerja aparatur

Author Biography

Dewi Novita Sari, IKIP Veteran Semarang
  
Published
2014-11-06
How to Cite
SARI, Dewi Novita. PERSEPSI MASYARAKAT RANDUKUNING TERHADAP KINERJA APARATUR PEMERINTAH DESA. DEMOCRATIA, [S.l.], v. 2, n. 1, nov. 2014. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/democratia/article/view/344>. Date accessed: 14 dec. 2017.
Section
Articles