UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

  • Meiyanti Wulandari IKIP Veteran Semarang

Abstract

Kedisiplinan merupakan unsur moralitas seseorang yang menekankan pada peraturan tata tertib dalam prinsip-prinsip keteraturan, pemberian perintah, larangan, pujian dan hukuman dengan otoritas atau paksaan untuk mencapai kondisi yang baik. Salah satu mata pelajaran di sekolah yang menanamkan aspek moral yang sesuai dengan nilai pancasila adalah pendidikan kewarganegaraan. Pendidikan kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warganegara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajiban untuk menjadi warga negara indonesia yang cerdas, terampil, berkarakter, yang di amanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. Salah satu nilai moral yang berusaha di tanamkan melalui mata pelajaran Pkn adalah kedisiplinan. Secara praktis penanaman kedisiplinan dalam pendidikan kewarganegaraan pada siswa bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku disiplin. Harapannya sebagai anggota masyarakat, siswa mampu bersikap disiplin dan menjadi pegangan dalam berperilaku dalam kehidupan bermasyarkat. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu, (1) Bagaimanakah strategi  meningkatkan kedisiplinan siswa melalui proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan, (2) Faktor apa saja yang menghambat kedisiplinan siswa? Tujuan dari penelitian ini, (1) untuk mengetahui strategi meningkatkan kedisiplinan siswa melalui proses pembelajaran melalui pendidikan kewarganegaraan, (2) Untuk mengetahui faktor penghambat peningkatan kedisiplinan siswa. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kulitatif dan metode pengumpulan data denga pengamatan (obserpation), metode wawancara/interviw serta metode dokumentasi. Untuk menguji falidtitas data penelitian, peneliti menggunakan teknik triangulasi (membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara). Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang di lakukan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa  melalui proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMA PGRI Purwodadi adalah (1) Strategi sosial dengan menggunakan metode pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) yaitu guru memberikan pengarahan secara klasikal tentang pentingnya kedisiplinan, kemudian guru menyuru siswa berdiskusi memecahkan masalah, (2) Strategi sistem perilaku, dasar pemikiran strategi ini ialah sistem komunikasi yang mengoreksi sendiri, yang memodifikasi perilaku dalam hubungannya dengan bagaimana tugas-tugas di jalankan dengn sebaik-baiknya. Faktor yang mendukung untuk meningkatkan kedisiplinan siswa yaitu dengan menanamkan nilai kedisiplinan siswa yaitu dengan menanamkan nilai kejujuran, tanggung jawab dan model pnilaian pendidikan kewarganegaraan menggunakan penilaian yang bersifat kognitif, afektif, dan psikomotorik. Faktor yang menghambat peningkatan kedisipilinan siswa yaitu masih adanya siswa yang tidak sportif dan faktor lingkungan peserta didik yang negatif. Saran yang di ajukan dalam penelitian ini adalah : (1) Pengarahan kedisiplinan siswa tidak hanya dilakukan oleh guru, akan tetapi pihak sekolah juga bisa mengundang dari piha luar seperti Polri atau TNI supaya siswa mengerti betul tenteng pentingnya kedisiplinan, (2) Upaya meningkatkan kedisiplinan siswa hendaknya di lakukan semua mata pelajaran di semua jenjng kelas, tidak hanya pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan saja. Dengan keikut sertaan semua guru, maka upaya meningkatkan kedisiplinan siswa dapat berjalan lebih efektif. (3) Upaya dalam meningkatkan kedisiplinan siawa melalui proes pembelajaran pendidikan kewarganegaraan hendaknya dilakukan secara menarik dan kreatif sehingga dapat menarik minat siswa untuk memahami pentingnya kedisiplinan, sehingg siswa dapat menerapkan kedisiplinan dalam kehidupn sehri-hari. Misalnya media pembelajarannya menggunakan media gambar dengan menggunakan kliping, film, dan lai sebagainya.

 

Kata Kunci : kedisiplinan siswa, kewarganegaraan, pembelajaran

Author Biography

Meiyanti Wulandari, IKIP Veteran Semarang
  
Published
2014-11-06
How to Cite
WULANDARI, Meiyanti. UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. DEMOCRATIA, [S.l.], v. 2, n. 1, nov. 2014. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/democratia/article/view/341>. Date accessed: 14 dec. 2017.
Section
Articles