PENGGUNAAN MODEL THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG BERORGANISASI DI KELAS

  • Anik Laili Masudah IKIP Veteran Semarang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menguji efektifitas penggunaan metode pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan pemahaman tentang berorganisasi pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sokokulon 01 Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati Tahun 2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sokokulon 01 Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati Tahun 2014 sebanyak 17 siswa. Penelitian ini menggunakan 2 jenis tes yang disebut pre-test dan test siklus I, test siklus II. Pre-test  dilakukan untuk mengukur perolehan nilai siswa sebelum mendapatkan tindakan, sedangkan test siklus I, test siklus II dilakukan untuk mengukur perolehan nilai siswa sesudah mendapatkan tindakan. Selain itu, juga dilakukan pengamatan terhadap keaktifan siswa di kelas. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Keaktifan siswa mengalami peningkatan yang dibuktikan dengan nilai persentasi keaktifan anak yang meningkat dari 29,4 % pada pra siklus menjadi 64,7 % pada siklus I dan 76,5 % pada siklus II. (2) Prestasi siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa meningkat dari 67,29 pada pra siklus menjadi 72,35 pada siklus I dan 78,12 pada siklus II. (3) prosentasi ketuntasan siswa pada pra siklus sebesar 41,18 % meningkat menjadi 58,82 % pada siklus I dan sebesar 94,12 % pada siklus II sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa “ Penggunaan Model Think-Pair-Share (TPS) Dapat Meningkatkan Pemahaman Tentang Berorganisasi Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sokokulon 01 Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati Tahun 2014†dapat diterima. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa (1) Penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan efektifitas pemahaman tentang berorganisasi pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sokokulon 01 Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati. (2) Penggunaan motode Think Pair Share memberi pengaruh yang besar terhadap sikap siswa. (3) Penggunaan metode Think Pair Share memberi pengaruh terhadap nilai yang diperoleh siswa sehingga prestasi siswa mengalami kenaikan yang signifikan. Saran dari penelitian ini yaitu (1) Guru perlu melakukan inovasi-inovasi dalam dunia pendidikan yang selalu berkembang demi meningkatkan pengetahuannya melalui program KKG, penataran/diklat dan seminar agar mampu menerapkan model pembelajaran yang tepat. (2) Guru harus kreatif dalam penggunaan alat peraga agar sesuai dengan materi yang diajarkan serta melibatkan semua siswanya secara merata, baik individu, kelompok, maupun klasikal dalam proses belajar.

 

Kata Kunci : Model Think-Pair-Share, Berorganisasi

Author Biography

Anik Laili Masudah, IKIP Veteran Semarang
  
Published
2014-11-04
How to Cite
MASUDAH, Anik Laili. PENGGUNAAN MODEL THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG BERORGANISASI DI KELAS. DEMOCRATIA, [S.l.], v. 2, n. 1, nov. 2014. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/democratia/article/view/337>. Date accessed: 14 dec. 2017.
Section
Articles