PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP HURUF MELALUI METODE BERMAIN DENGAN PERMAINAN SUP HURUF PADA ANAK

  • Sri Hadini Rohmah IKIP Veteran Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pemahaman konsep huruf melalui metode bermain sup huruf pada anak kelompok B di Kelompok Bermain Bina Pendawa Kalierang Bumiyu (2) penerapan metode bermain sup huruf dalam meningkatkan pemahaman konsep huruf pada anak kelompok B di KB Bina Pendawa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua variable yaitu pemahaman konsep huruf dan metode bermain sup huruf. Obyek penelitian adalah 13 peserta didik kelompok B KB Bina Pendawa Desa Kalierang Kecamatan Bumiayu serta data dianalisis dengan menggunakan statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman peserta didik terhadap konsep huruf dengan menggunakan metode bermain sup huruf mengalami peningkatan dari 39% menjadi 77% atau dari lima anak didik yang mampu memahami konsep huruf menjadi 10 anak didik. (2)penerapan metode bermain sup huruf pada anak kelompok B Kb Bina Pendawa membuat aktivitas peserta kan, anak-anak semakin semangat dalam belajar kosep huruf . hal ini terlihat dari aktivitas anak didik yang semakin aktif dalam belajar huruf terutama dengan menggunakan metode sup huruf terbukti aktivitas anak didik yang aktif mencapai 84% atau sebagian besar anak didik menikmati belajar konsep huruf dengan metode sup huruf. (3) melalui metode bermain sup huruf mempermudah bagi guru dalam mengenalkan konsep huruf terhadap peserta didik di KB Bina Pendawa. Hal ini terlihat dari 10 aktivitas guru yang dapat dilaksanakan semua dengan baik mencapai 9 poin. Ini menunjukkan dengan metode bermain sup huruf pemahaman konsep huruf mengalami peningkatan dan peserta didik semakin aktif dalam proses pembelajaran serta guru lebih mudah dalam menyampaika materi konsep huruf terutama di kelompok B KB Bina Pendawa Kalierang Bumiayu.

 

Kata kunci: konsep huruf, bermain sup huruf, anak usia dini.

Author Biography

Sri Hadini Rohmah, IKIP Veteran Semarang
 
Published
2014-10-17
How to Cite
ROHMAH, Sri Hadini. PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP HURUF MELALUI METODE BERMAIN DENGAN PERMAINAN SUP HURUF PADA ANAK. BELIA, [S.l.], v. 2, n. 2, oct. 2014. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/belia/article/view/314>. Date accessed: 13 dec. 2017.
Section
Articles