PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN DENGAN PERMAINAN CETAK ANGKA PLAY DOUGH PADA ANAK

  • Dian Anggraeni Yunikowati IKIP Veteran Semarang

Abstract

Penelitian dibuat karena pembelajaran Anak usia dini di TK Talenta  Semarang masih menggunakan lembar kerja. Kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan disekolah tersebut sebelum dilakukan penelitian hanya 20% dari siswa yang ada yang dapat trampil berhitung. Tujuan penelitian ini adalah dengan  permainan cetak angka playdough dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan pada kelompok A di TK Talenta  Semarang tahun pelajaran 2013 / 2014. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian terdiri dari 2 siklus . Prosedur penelitian yaitu : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3)Observasi, 4)Refleksi. Tehnik dan alat pengumpulan data dalam hal ini menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah dengan menggunakan cetak angka playdough pada anak kelompok A TK Talenta Semarang dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan. Indikator keberhasilan menunjukan peningkatan menjadi 75 % anak yang berkembang sangat pesat dan anak yang sudah berkembang yang tadinya hanya 20%.

 

Kata Kunci: kemampuan kognitif, mengenal konsep bilangan, permainan cetak angka playdough, TK kelompok A.

Author Biography

Dian Anggraeni Yunikowati, IKIP Veteran Semarang
 
Published
2014-10-17
How to Cite
YUNIKOWATI, Dian Anggraeni. PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN DENGAN PERMAINAN CETAK ANGKA PLAY DOUGH PADA ANAK. BELIA, [S.l.], v. 2, n. 2, oct. 2014. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/belia/article/view/310>. Date accessed: 14 dec. 2017.
Section
Articles