UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA PERMAINAN MEMANCING IKAN PADA ANAK

  • Siti Noor Hasanah IKIP Veteran Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pengguanaan media permainan memancing ikan dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A di TK Amarta kecamatan Semarang Barat tahun pelajaran 2013/2014. Adapun penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan media bermain memancing ikan, karena menurut peneliti media tersebut sangat cocok untuk diterapkan pada anak usia dini karena menggunakan konsep bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain. Subjek penelitian adalah anak TK Amarta Kecamatan Semarang Barat tahun  pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 24 anak. Data penelitian yang terkumpul di analisis dengan menggunakan tehnik analisis data deskriptif dan hasilnya diketahui bahwa kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan mengalami peningkatan yang signifikan yaitu dari 29% pra siklus menjadi 54% pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II yaitu menjadi 83%. Dengan melihat hal tersebut dapat dikatakan bahwa dengan penggunaan media permainan memancing ikan dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A di TK Amarta Kecamatan Semarang Barat Tahun Pelajaran 2013/2014.

 

Kata Kunci: Lambang Bilangan, permainan memancing ikan.

Author Biography

Siti Noor Hasanah, IKIP Veteran Semarang
 
Published
2014-10-17
How to Cite
HASANAH, Siti Noor. UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA PERMAINAN MEMANCING IKAN PADA ANAK. BELIA, [S.l.], v. 2, n. 2, oct. 2014. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/belia/article/view/309>. Date accessed: 13 dec. 2017.
Section
Articles