UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI METODE BERMAIN DENGAN MEDIA ULAR TANGGA PADA ANAK

  • Lusi Dwi Martiana IKIP Veteran Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui metode bermain dengan media ular tangga pada anak kelompok B1 TK Muslimat NU 10 Desa Mororejo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini menggunakan  penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan dalam dua siklus, di mana masing-masing siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Sedangkaan teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif pada tiap-tiap siklus. Objek penelitian adalah pada siswa kelompok B1 TK Muslimat NU 10 Desa Mororejo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 20 siswa. Untuk mengetahui perubahan kemampuan dalam pembelajaran berhitung adalah deskripsi persentase, perhitungan perolehannya melalui pembandingan kemampuan berhitung sebelum dan sesudah menggunakan metode bermain dengan media ular tangga, jika ada peningkatan kemampuan berhitung lebih 80% dari kemampuan berhitung sebelumnya, berarti pembelajaran melalui metode bermain dengan media ular tangga tercapai (indikator kinerja tercapai/mencapai ketuntasan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode bermain dengan media ular tangga dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak yang meliputi mampu membilang/ menyebut urutan bilangan dari 1-20, menunjuk urutan benda untuk bilangan 1-20, menghubungkan/memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai 10. Hal ini dapat dilihat dari siklus I menggunakan metode bermain dengan media ular tangga, hasil yang di capai anak yang mampu meningkat dari prasiklus yaitu 5% menjadi 20%, sedangkan anak yang cukup mampu dari prasiklus yaitu 15% menjadi 30%, dan yang mampu dari 80% menjadi 50%. Dalam siklus II peneliti menggunakan metode bermain dengan media ular tangga dan dengan kartu angka bergambar, sangat menarik minat anak dalam mengikuti pembelajaran berhitung, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar anak yang meningkat secara signifikan dari siklus I ke siklus II, yaitu pada siklus I 20% meningkat menjadi 80%, anak yang cukup mampu mengalami penurunan pada siklus I 30% turun menjadi 15% pada siklus II. Di lihat dari ketuntasan hasil belajar, anak belum mampu dari siklus I 50% menjadi 5%, sadangkan pada anak yang mampu dan cukup mampu pada siklus I 50% meningkat menjadi 95% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bidang pengembangan kognitif dalam  kemampuan berhitung pada anak usia TK dapat ditingkatkan melalui metode bermain dengan media ular tangga. Oleh karena itu guru hendaknya memberikan kegiatan pembelajaran dengan metode dan media yang menarik, menyenangkan dan bermanfaat untuk siswa  agar siswa senang dan tidak terbebani dalam menerima kegiatan pembelajaran.

 

Kata Kunci : kemampuan berhitung anak, media ular tangga.

Author Biography

Lusi Dwi Martiana, IKIP Veteran Semarang
 
Published
2014-10-17
How to Cite
MARTIANA, Lusi Dwi. UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI METODE BERMAIN DENGAN MEDIA ULAR TANGGA PADA ANAK. BELIA, [S.l.], v. 2, n. 2, oct. 2014. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/belia/article/view/308>. Date accessed: 14 dec. 2017.
Section
Articles