MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN KOTAK MISTERI PADA ANAK

  • Endang Setyowati IKIP Veteran Semarang

Abstract

Adanya kesenjangan antara kemampuan membaca permulaan yang diharapkan dengan realita, menjadikan kewajiban guru untuk melakukan inovasi pembelajaran. Anak usia dini merupakan usia dimana anak mengalami masa yang disebut masa bermain. Anak usia dini sangat peka dalam menerima rangsangan dari lingkungan untuk perkembangan jasmani dan rohani. Kemampuan membaca permulaan anak dapat ditingkatkan salah satunya melalui permainan kotak misteri. Ketika anak membaca permulaan melalui permainan kotak misteri, maka diharapkan anak akan mampu membaca gambar, mengenal bacaan dalam gambar, mampu mengenal bunyi huruf dalam bacaan, mampu mengenal arti kata dalam bacaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa permainan kotak misteri mampu meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak. Obyek penelitian adalah anak kelompok B TK Sendangrejo 2 Kecamatan Ngaringan sebagai penerima tindakan. Teknik pengumpuan data untuk mendapatkan keterangan sehubungan dengan penelitian tersebut, sehingga diperoleh data yang diperlukan. Dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, literartur dan dokumentasi. Pada penelitian ini analisis data dilakukan dengan metode alur, reduksi data, paparan data dan penyimpulan hasil analisis. Hasilnya berupa nilai kemampuan anak pada saat membaca permulaan dengan permainan kotak misteri. Pada penelitian ini menghasilkan data bahwa kemampuan membaca permulaan anak pada pra siklus yakni 4% meningkat di siklus I sebesar 17% dan pada siklus II kemampuan Membaca Permulaan anak mencapai 87%. Hal ini menunjukkan bahwa permainan kotak misteri dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK Sendangrejo 2 Kecamatan Ngaringan. Saran pada penelitian ini adalah (1) Pihak sekolah dapat menjalankan masukan yang diperoleh mengenai model pembelajaran dan pengembangan media yang sesuai untuk pembelajaran anak usia dini, (2) Guru melakukan tindakan pembelajaran berdasarkan pengalaman baru dengan penerapan permainan kotak misteri dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran membaca permulaan di TK yang berpusat pada anak, dan (3) Orang tua dapat memberi motivasi dan mendampingi anak dalam rangka peningkatan kemampuan membaca permulaan anak.

 

Kata Kunci : Kemampuan Membaca Permulaan, Permainan Kotak Misteri

Author Biography

Endang Setyowati, IKIP Veteran Semarang
 
Published
2014-10-17
How to Cite
SETYOWATI, Endang. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN KOTAK MISTERI PADA ANAK. BELIA, [S.l.], v. 2, n. 2, oct. 2014. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/belia/article/view/306>. Date accessed: 14 dec. 2017.
Section
Articles