MENINGKATKAN KEGIATAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI PERMAINAN GOBAG SODOR PADA ANAK

  • Ariyanti Ariyanti IKIP Veteran Semarang

Abstract

Latar belakang: Di TK Mutiara Semen Wonoboyo Temanggung khususnya kelompok A masih banyak anak yang sosial emosionalnya belum seimbang sehingga sulit dibimbing dan diarahkan. Setiap diberi tugas untuk membuat kelompok atau regu bermain ternyata banyak anak yang tidak mampu mengendalikan emosinya, ada yang menangis bahkan ada yang bermain sendiri. Meskipun guru sudah berusaha semaksimal mungkin memberikan pengarahan atau penjelasan supaya anak tertarik, namun masih ada beberapa anak yang kurang memperhatikan, pada hal kegiatan bermain juga mempengaruhi kegiatan belajar anak disekolah. Hal ini juga menyebabkan kemampuan bersosialisasi anak menjadi rendah.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kegiatan sosial emosional anak sebelum melalui permainan gobag sodor, untuk mengetahui bagaimana proses penggunaan permainan gobag sodor dalam meningkatkan kegiatan sosial emosional anak, dan untuk mengetahui bagaimana hasil pembelajaran melalui permainan gobag sodor dapat meningkatkan kegiatan sosial emosional anak. Penelitian yang digunakan adalah penilaian tindakan kelas. Lokasi penelitian di TK Mutuiara Semen pada anak kelompok A yang berjumlah 16 terdiri dari 7 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Sumber data penilaian ini dari hasil observasi, dan dokumentasi serta wawancara dengan narasumber. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.. Semua data divalidasi dengan menggunakan tringulasi yaitu penapaian validasi menggunakan berbagai jenis alat atau instrumen ,untuk mengecek kebenaran dengan menggunakan dari sumber yang berbeda dengan menggunakan theknik yang sama. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif kualitatif dianalisis secara kualitatif yaitu menganalisis hasil observasi yang melibatkan semua aspek yang kemudian diprosentasikan untuk memperoleh data yang valid.Diskriptif komporatif dilakukan untuk membandingkan hasil belajar tiap siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan memperhatikan indikator kerja. Penelitian dilakukan selama 2 siklus dengan prosedur umum meliputi tahapan (1) Perencanaan yaitu merumuskan masalah, menentukan tujuan, metode penelitian dan rencana tindakan; (2) Tindakan yaitu dilakukan sebagai upaya perubahan yang dilakukan, (3) Observasi dilakukan secara sistematis untuk mengamati hasil atau dampak tindakan terhadap proses belajar mengajar, (4) Refleksi yaitu mengkaji dan mempertimbangkan hasil atau daftar dari tindakan yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan melalui permainan gobag sodor dapat meningkatkan kegiatan sosial emosional pada anak. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan sosial emosional pada anak dari Pra Siklus, Siklus I, Siklus II, yaitu pra siklus  31%, siklus I meningkat menjadi 56%, siklus II meningkat menjadi 81% sehingga penulis dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran melalui permainan gobag sodor salah satunya dapat melatih kemampuan anak dalam mengendalikan perasaan sehingga kegiatan sosial emosional anak dapat berkembang dengan baik.

 

Kata Kunci: kegiatan sosial emosional, permainan gobag sodor

Author Biography

Ariyanti Ariyanti, IKIP Veteran Semarang
 
Published
2014-10-17
How to Cite
ARIYANTI, Ariyanti. MENINGKATKAN KEGIATAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI PERMAINAN GOBAG SODOR PADA ANAK. BELIA, [S.l.], v. 2, n. 2, oct. 2014. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/belia/article/view/305>. Date accessed: 14 dec. 2017.
Section
Articles