UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DALAM MEMEGANG ALAT TULIS MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR DENGAN MEDIA KAPUR TULIS DAN ARANG PADA SISWA

  • Alfiah Alfiah IKIP Veteran Semarang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui seberapa besar kemampuan motorik halus anak didik kelompok B 2) Untuk mengetahui upaya dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak.  Penelitian dilakukan di TK. Pertiwi Jaten Kec. Klego Kab. Boyolali, metode yang dipergunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelompok B TK. Pertiwi Jaten Kec. Klego Kab. Boyolali yang berjumlah 17 anak. Rancangan penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu : 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, metode evaluasi, metode analisis data. Teknik analisis yang dipergunakan adalah reduksi data, paparan data dan kesimpulan. Hasil penelitian tentang peningkatan kemampuan motorik halus dalam memegang alat tulis melalui kegiatan menggambar dengan media kapur tulis dan arang pada siswa kelompok B TK. Pertiwi Jaten Kec. Klego Kab. Boyolali tahun ajaran 2013/2014 menunjukkan perkembangan motorik halus pada taman kanak-kanak  sangat baik untuk dalam kegiatan pembelajaran mencocok gambar. Analisis data dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan terhadap kemampuan motorik halus anak dalam kegiatan menggambar dengan media kapur tulis dan arang yaitu sebanyak 8 anak (47%), ini terjadi pada siklus I, pada siklus II peningkatan kemampuan motorik halus anak dalam kegiatan menggambar dengan media kapur tulis dan arang yaitu sebanyak 14 anak (80%).

 

Kata Kunci : Kapur Tulis dan Arang

Author Biography

Alfiah Alfiah, IKIP Veteran Semarang
 
Published
2014-10-17
How to Cite
ALFIAH, Alfiah. UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DALAM MEMEGANG ALAT TULIS MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR DENGAN MEDIA KAPUR TULIS DAN ARANG PADA SISWA. BELIA, [S.l.], v. 2, n. 2, oct. 2014. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/belia/article/view/303>. Date accessed: 14 dec. 2017.
Section
Articles