MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 KARANGTENGAH KABUPATEN DEMAK

  • Haryanti Haryanti IKIP Veteran Semarang

Abstract

Perpustakaan merupakan unsur penting dalam suatu lembaga pendidikan seperti sekolah, keberadaannya sangat berperan penting dalam menentukan keberhasilan suatu sekolah dalam membentuk anak didiknya yang berkualitas dan berkompetensi di masyarakat atau di jenjang perguruan tinggi nantinya. Sekolah wajib menyediakan berbagai sarana dan prasarana serta menerapkan sistem manajemen yang baik untuk mencapai itu semua. Dalam kaitan ini maka penting untuk melihat aspek-aspek perpustakaan sebagai sumber belajar siswa, aspek-aspek tersebut termasuk kedalam unsur-unsur manajemen perpustakaan, dan untuk mengkajinya tidak lepas dari teori-teori manajemen pada umumnya. Untuk mengelola sebuah perpustakaan diperlukan kemampuan manajemen yang baik, agar arah kegiatan sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Kemampuan manajemen itu juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan tujuan-tujuan yang berbeda dan mampu dilaksanakan secara efektif dan efisien. Pengetahuan dasar dalam mengelola perpustakaan agar berjalan dengan baik adalah ilmu manajemen, karena manajemen sangat diperlukan dalam berbagai kehidupan untuk mengatur langkah-langkah yang harus dilaksanakan oleh seluruh elemen dalam suatu perpustakaan. Oleh karena itu dalam proses manajemen diperlukan adanya proses perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengendalian (controlling). Penelitian ini di lakukan di perpustakaan SMA Negeri 1 Karangtengah Kabupaten Demak, aspek yang dikaji dalam penelitian ini adalah ruang lingkup manajemen perpustakaan meliputi Staf dan Koleksi. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, data dikumpulkan dengan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian data diolah dengan analisa data dan editing, adapun yang menjadi sample penelitian adalah para pengguna perpustakaan, sample ditentukan dengan metode purposive sampling atau sample bertujuan, dan yang menjadi responden penelitian adalah satu orang kepala sekolah, dua orang tenaga pengelola perpustakaan dan satu siswi SMA Negeri 1 Karangtengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan perpustakaan perpustakaan SMA Negeri 1 Karangtengah. Dari penelitian ini diketahui hasil, beberapa kegiatan manajemen berdasarkan empat unsur  dalam teori manajemen Planning, Organizing, Actuating dan Controlling. Kegiatan manajemen di perpustakaan SMA Negeri 1 Karangtengah belum berjalan secara maksimal, dari segi Planning, Organizing, Actuating dan Controlling di perpustakaan SMA Negeri 1 Karangtengah Kabupaten Demak.

 

Kata kunci : perpustakaan, manajemen

Author Biography

Haryanti Haryanti, IKIP Veteran Semarang
  
Published
2014-11-07
How to Cite
HARYANTI, Haryanti. MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 KARANGTENGAH KABUPATEN DEMAK. EKONOMI, [S.l.], v. 2, n. 1, nov. 2014. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/EKONOMI/article/view/356>. Date accessed: 12 dec. 2017.
Section
Artikel