STRATEGI PEMBELAJARAN IPS MELALUI METODA KOOPERATIF MULTI LEVEL STUDI KASUS

  • Yuliati Yuliati IKIP Veteran Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Proses perencanaan penerapan strategi pembelajaran IPS melalui metoda kooperatif multi level dalam meningkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas VIII A pada mata pelajaran IPS di SMP Muhammadiyah 03 Semarang; (2) Pelaksanaan penerapan strategi pembelajaran IPS melalui metoda kooperatif multi level dalam meningkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas VIII A pada mata pelajaran IPS di SMP Muhammadiyah 03 Semarang; (3) Hasil penilaian pembelajaran penerapan strategi pembelajaran IPS melalui metoda kooperatif multi level dalam meningkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas VIII A pada mata pelajaran IPS di SMP Muhammadiyah 03 Semarang; (4) Kendala dalam penerapan strategi pembelajaran IPS melalui metoda kooperatif multi level dalam meningkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas VIII A pada mata pelajaran IPS di SMP Muhammadiyah 03 Semarang; (5) Upaya yang ditempuh untuk mengatasi kendala- kendala dalam menerapkan strategi pembelajaran IPS melalui metoda kooperatif multi level dalam meningkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas VIII A pada mata pelajaran IPS di SMP Muhammadiyah 03 Semarang. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Teknik pengumpualan data yaitu dengan cara observasi, interview/wawancara dan dokumen. Adapun tahapan penelitian ini berupa level yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, dan dilaksanakan tiga level. Hasil penelitian membuktikan bahwa strategi pembelajaran IPS melalui metoda kooperatif multi level dapat meningkatkan prestasi siswa dalam pelajaran IPS kelas VIII A SMP Muhammadiyah 03 Semarang. Hasil observasi di lapangan menunjukkan bahwa dari  tahap I, tahap II, dan tahap III tampak terjadi perubahan yang signifikan pada proses pembelajaran IPS. Hal ini dapat dibuktikan dengan perubahan nilai atau prestasi yang setiap level makin meningkat, ditambah siswa lebih aktif dan bersemangat dalam proses pembalajaran IPS.

 

Kata Kunci: strategi pembelajaran, metoda kooperatif multi level

Author Biography

Yuliati Yuliati, IKIP Veteran Semarang
  
Published
2014-11-07
How to Cite
YULIATI, Yuliati. STRATEGI PEMBELAJARAN IPS MELALUI METODA KOOPERATIF MULTI LEVEL STUDI KASUS. EKONOMI, [S.l.], v. 2, n. 1, nov. 2014. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/EKONOMI/article/view/353>. Date accessed: 14 dec. 2017.
Section
Artikel