ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISEKOLAH DALAM RANGKA PEMBENTUKAN SIKAP DISIPLIN SISWA

  • Mukti Widiya Susiyanto IKIP Veteran Semarang

Abstract

Untuk meningkatkan mutu pendidikan disekolah tidak hanya peran guru tetapi juga peran siswa yang berkualitas juga sangat berpengaruh. Guru memiliki tugas sebagai pengajar, selain itu guru juga sebagai pendidik yang melakukan transfer nilai-nilai sekaligus sebagai pembimbing yang memberikan pengarahan dan menuntun siswa dalam belajar. Untuk itu guru harus berperan aktif dan menempatkan kedudukannya sebagai tenaga professional yang bekerja dengan kinerja yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan implementasi pendidikan karakter disekolah dengan sikap disiplin siswa SMK Futuhiyyah Mrangen Demak Tahun Pelajaran 2013/2014. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMK Futuhiyyah Mrangen Demak tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 97 siswa.Metode pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dan sikap disiplin siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dengan bantuan SPSS. Hasil statistic deskriptif menunujukan bahwa implementasi pendidikan karakter (X) sebesar 74.70%. termasuk dalam kategori “Tinggi “ karena berada pada rentang interval 68% – 84%. Dengan demikian implementasi pendidikan karakter yang dilaksanakan di SMK Futuhiyyah Mrangen tahun pelajaran 2013/2014 dapat dikatakan dengan interprestasi tinggi. Hasil statistic deskriptif menunujukan bahwa sikap disiplin (Y) sebesar 70.97%. Nilai tersebut termasuk dalam kategori “Tinggi“ karena berada pada rentang interval 68 – 84. Dengan demikian sikap disiplin siswa di SMK Futuhiyyah Mrangen tahun pelajaran 2013/2014 dapat dikatakan dengan interprestasi baik. Terdapat hubungan yang signifikan antara implementasi pendidikan karakter dan sikap disiplin siswa SMK Futuhiyyah Mrangen Demak Tahun Pelajaran 2013/2014. hal ini dibuktikan hasil analisis regresi didapatkan nilai R Square sebesar 0,532 menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter ada hubungannya dengan sikap disiplin sebesar 53,2% dan sisanya sebesar (100% - 53,2% = 46,8%) dipengaruhi oleh faktor lain selain implementasi pendidikan karakter. Hasil penelitian ini diharapkan kepala sekolah secara berkelanjutan membina dan mengevaluasi pelaksanaan pendidikan karakter agar tercapai tujuan yang telah ditetapkan secara optimal. Kepala sekolah dan guru hendaknya menjaga iklim sekolah yang baik dan efektif agar tercipta suasana sekolah yang berkarakter.

 

Kata Kunci: Implementasi Pendidikan Karakter, Sikap Disiplin.

Author Biography

Mukti Widiya Susiyanto, IKIP Veteran Semarang
  
Published
2014-11-07
How to Cite
SUSIYANTO, Mukti Widiya. ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISEKOLAH DALAM RANGKA PEMBENTUKAN SIKAP DISIPLIN SISWA. EKONOMI, [S.l.], v. 2, n. 1, nov. 2014. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/EKONOMI/article/view/352>. Date accessed: 14 dec. 2017.
Section
Artikel