KOMPETENSI PROFESIONAL KELOMPOK GURU JURUSAN IPS MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) BAWU JEPARA

  • Vina Kristiana IKIP Veteran Semarang

Abstract

Keberhasilan seorang guru dalam mengajar yaitu penyampaian materi pelajaran secara efektif. Guru dalam mengajar harus dengan rasa tanggung jawab, kesungguhan, keseriusan dan berbekal ketrampilan yang memadai maka secara otomatis, psikologis peserta didik sebagai orang yang menjadi obyek sekaligus subjek dalam belajar akan terbawa oleh apa yang diajarkan oleh guru. Begitu pula sebaliknya, jika seorang guru berperan dengan baik, dimana dalam melakukan proses belajar mengajar dengan menggunakan kompetensi yang berkualitas maka tidak dipungkiri lagi bahwa peserta didik sekaligus teman belajar akan terbawa oleh keadaan tersebut, sehingga peserta didik akan ikut bersungguh-sungguh dan mengawali proses belajar mengajar dengan rasa senang dan semangat untuk mendalami apa yang disampaikan oleh guru. Focus penelitian sebagai berikut : 1) Bagaimana tingkat kompetensi profesional kelompok guru jurusan IPS MAN Bawu Jepara? 2) Bagaimana interaksi belajar mengajar yang telah berlangsung di MAN Bawu Jepara? 3) Apakah kendala-kendala yang dihadapi dalam membangun kompetensi profesional kelompok guru jurusan IPS MAN Bawu Jepara? 4) bagaimana upaya dalam menghadapi kendala dalam membangun kompetensi profesional kelompok guru jurusan IPS MAN Bawu Jepara?. Tujuan dari penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : 1) Untuk mengetahui informasi yang akurat tentang kompetensi profesional kelompok guru jurusan IPS MAN Bawu Jepara, 2) Untuk mengetahui interaksi belajar mengajar yang telah berlangsung di MAN Bawu Jepara. 3) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam membangun kompetensi profesional kelompok guru Jurusan IPS MAN Bawu Jepara. 4) Untuk mengetahui upaya dalam menghadapi kendala dalam membangun kompetensi profesional kelompok guru jurusan IPS MAN Bawu Jepara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1) Keberhasilan pendidikan, keberadaan profesi guru sangat penting untuk diperhatikan dan ditingkatkan dalam hal ini kinerja guru sebab kinerja guru merupakan kemampuan yang ditunjukkan oleh seorang guru dalam melaksanakan tugas dan pekerjaanya. Kinerja guru dapat diamati melalui unsur perilaku yang ditampilkan guru sehubungan dengan pekerjaan dan prestasi yang dicapai berdasarkan indikator kinerja guru. 2) Peningkatan mutu pendidikan tidak hanya melakukan perbaikan pada kualitas guru dalam melakukan proses belajar mengajar tetapi juga perlu dan pernting diikuti dengan penataan manajemen pendidikan yang mengarah pada peningkatan kinerja guru melalui optimalisasi peran sekolah dalam hal ini kepala sekolah dan pihak dinas pendidikan setempat untuk memberikan rasa nyaman bagi guru dalam melaksanakan tugasnya. Selain itu optimalisasi kegiatan penataran harus betul-betul menyentuh kebutuhan guru agar bermanfaat bagi peningkatan kualitas proses belajar mengajar dan kualitas hasil belajar siswa sehingga kedepan kegiatan pelatihan dan semacamnya harus mampu diprogramkan supaya tidak tumpang tindih dan tidak menganggu kegiatan belajar mengajar sebagai dampak guru mengikuti kegiatan tersebut.

 

Kata kunci : Kompetensi Profesional, Guru Jurusan IPS

Author Biography

Vina Kristiana, IKIP Veteran Semarang
  
Published
2014-11-07
How to Cite
KRISTIANA, Vina. KOMPETENSI PROFESIONAL KELOMPOK GURU JURUSAN IPS MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) BAWU JEPARA. EKONOMI, [S.l.], v. 2, n. 1, nov. 2014. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/EKONOMI/article/view/350>. Date accessed: 14 dec. 2017.
Section
Artikel