PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS

  • Retmono Jazib Prasojo IKIP Veteran Semarang

Abstract

Perhatian orang tua merupakan salah satu faktor terpenting dalam perkembangan kahidupan seorang anak, Betapa pentingnya perhatian orang tua karena dapat berpengaruh dalam perkembangan kahidupan anak, baik dalam lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Untuk itu penanaman sifat disiplin sejak dini perlu ditanamkan agar anak terbiasa mentaati atau mematuhi peraturan-peraturan yang ada tanpa merasa dipaksa. Dan kalau hal ini sudah tertanam pada jiwa anak maka akan terwujudlah disiplin pribadi yang kuat, dan setelah dewasa akan diwujudkan dalam setiap aspek kehidupan yang akhirnya dapat membantu anak dalam mencapai prestasi belajar. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS Siswa Kelas VIIII MTs Maftahul Falah Sinanggul Mlonggo Jepara. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Kelas VIII MTs Maftahul Falah Sinanggul Mlonggo Jepara, yaitu sebanyak 121 siswa dan sampel penelitian adalah sebanyak 93 siswa. Alat analisis yang digunakan adalah regresi berganda, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis  dengan uji F. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan Y = 35,134+0,499X1+ 0,441X2. Berarti koefisien regresi variabel Perhatian orang tua adalah positif (0,499), berarti setiap adanya peningkatan Perhatian Orang Tua akan diimbangi dengan perubahan peningkatan Prestasi Belajar mata pelajaran IPS. Dan koefisien regresi variabel Kedisiplinan Belajar adalah psoitif (0,441), berarti setiap Kedisiplinan Belajar ditekankan pada siswa akan mempengaruhi peningkatan dari Prestasi Belajar mata pelajaran IPS. Nilai koefisien determinasi sebesar = 48,3%, berarti variabel Perhatian Orang Tua dan Kedisiplinan Belajar mempengaruhi perubahan Prestasi belajar mata pelajaran IPS sebesar 48,3%. Pengujian hipotesis diperoleh F hitung (42,044) > F tabel (3,07) dan Signifikan 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya variabel Perhatian Orang Tua dan Kedisiplinan Belajar mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap Prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII MTs Maftahul Falah Sinanggul Mlonggo Jepara. Saran yang disampaikan yaitu hendaknya orang tua mampu memberikan perhatiannya kepada anaknya dan menerapkan kedisiplinan belajar pada anak-anak, tetapi jangan terlalu otoriter, supaya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

 

Kata Kunci : perhatian orang tua, kedisiplinan belajar, prestasi belajar

 

Author Biography

Retmono Jazib Prasojo, IKIP Veteran Semarang
  
Published
2014-11-07
How to Cite
PRASOJO, Retmono Jazib. PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS. EKONOMI, [S.l.], v. 2, n. 1, nov. 2014. Available at: <http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/EKONOMI/article/view/347>. Date accessed: 13 dec. 2017.
Section
Artikel